Semua tentang musik, lagu trend ada DISINI

Friday, August 11, 2017

Musik Indonesia atau Musik Barat?


Perbandingan musik Indonesia dengan musik Barat

Hallo pecinta musik! balik lagi sama kami guru les musik online. Menjelang Malam kita mau bahas soal "Perbandingan musik Indonesia dengan musik Barat". Oke ga pake basabasi lagi langsung kita mulai topik kita.

Musik original / tradisional Indonesia adalah Dangdut dan Keroncong. 
Dangdut adalah musik yang memiliki ciri khas yang terdengar seperti "Dang" n "dut" yang berasal dari suara kendang. Musik dangdut mulai populer di era Rhoma Irama "sang raja Dangdut". Sejak kepopulerannya, banyak lagu-lagu dangdut bermunculan dan hitz pada eranya dan masih dilestarikan sampai sekarang. 
Keroncong adalah jenis musik yang menjadi ciri khas Indonesia, asal mulanya adalah suara iringan yang terdengar seperti "tung tung turutung" lagu yang terkenal dari jenis Keroncong ini yaitu lagu Bengawan Solo yang diciptakan oleh Gesang pada eranya.

contoh iringan Keroncong

Source : Youtube

Mari kita bandingkan dengan musik barat. musik barat memiliki beberapa jenis yang menjadi original yaitu Country dan Blues 
Country adalah musik yang memiliki ciri vokalis yang bersuara sengau atau menggunakan suara hidung. dan hanya menggunakan gitar iringannya sederhana dan bahkan dapat kita pelajari dengan mudah dengan gitar.
sedangkan Blues adalah musik yang berasal dari Amerika lahirnya musik ini karena pada masa perang di Amerika, orang kulit hitam pada masa itu tidak di perbolehkan menentang / melawan prajurit pada masa itu. sehingga mereka pun mengekspresikan perasaan mereka melalui musik yang sampai hari ini di kenal dengan Blues (musik rintihan). Blues memiliki ciri khas bunyi sperti orang sedang merintih kesakitan. Blues menjadi populer dan terdapat banyak pengembang-pengembang musik blues seperti B.B King "sang legenda Blues" dan masih banyak lagi.

kita saksikan dulu B.B King supaya tidak tegang hehe

Source: Youtube

Oke kita lanjutkan topiknya.
Sebenarnya lebih bagus Musik ori Indonesia / Musik Barat?
-
-
Jawabannya adalah tergantung kecintaan kita terhadap musik dan bagaimana mengapresiasi musik itu sendiri.
Kalo Admin disini lebih suka Blues yang notabene musik Barat, tapi disamping itu kita tetap harus menjaga kelestaraian musik original Indonesia kita tercinta dengan cara mendengarkan atau memainkannya kalau kamu mahir.

Sekian dulu pos hari ini, ketemu lagi besok dengan Lesson Part2 Bass n Guitar + Lesson part1 Drum

Terima kasih sudah baca sampai habis, terus ikuti les musik online setiap hari karena masih banyak update-update menarik yang bisa menjadi pengetahuan kamu. Salam.

les musik online
les musik gratis
les musik di Bandung
musik indonesia 
Les musik Online
Les musik online
Share:

2 comments:

Contributors

Search This Blog

Powered by Blogger.

About